Shin Tae-Yong  Putus Kutukan 38 Tahun Timnas Indonesia Tidak Pernah Menang Di Thailand

Shin Tae-Yong  Putus Kutukan 38 Tahun Timnas Indonesia Tidak Pernah Menang Di Thailand
Timnas-U-23-14.jpg (ANTARA/HO/PSSI)

JAKARTA-Shin Tae-yong (STY) berhasil memecahkan rekor tidak pernah menang di kandang Thailand usai Timnas Indonesia U-23 membantai Thailand 3-1 dalam laga semifinal Piala AFF U-23 2023 di Rayong Province Stadium, Thailand, Kamis (25/8/23) malam WIB.

Kemenangan membuat Timnas Indonesia resmi memutus rekor 38 tahun tak pernah menang di kandang tim Gajah Perang.

Duel Timnas Indonesia U-23 vs Thailand U-23 berlangsung sengit. Skuad Garuda Muda pada akhirnya mengalahkan tuan rumah dengan skor 3-1.

"Ini kemenangan pertama Timnas Indonesia atas Thailand di kandang Thailand setelah 38 tahun," ujar pengamat sepak bola nasional Akmal Maharli, Jumat (26/8/23).

"Saat itu di tahun 1985 pada Pra-Piala Dunia 86, lewat gol Heri Kiswanto ke gawang Somphong Nantaprapasin, Indonesia mengalahkan Thailand 1-0."

Sejak 1977, sejarah menunjukkan bahwa Timnas Indonesia hanya berhasil memenangkan enam pertandingan melawan Timnas Thailand, sementara lawan mencatatkan 16 kemenangan.

Mayoritas kemenangan Timnas Indonesia atas Thailand terjadi di kandang sendiri atau tempat netral, seperti pada 1979, 2011, dan 2019 ketika pertandingan diadakan di Indonesia.

Sedangkan pada 1989, 1991, dan 2023, kemenangan Timnas Indonesia atas Thailand terjadi di tempat netral.

Namun, pada Kamis, 24 Agustus 2023, kutukan kekalahan di markas lawan sejak 1985 akhirnya terpecahkan.

Timnas Indonesia yang dibimbing oleh Shin Tae-yong tampil gemilang di hadapan ribuan pendukung Thailand yang memenuhi Rayong Provincial Stadium.

Kemenangan atas Thailand dirasakan begitu berarti. Pasalnya, Timnas Indonesia datang ke Thailand dengan skuad yang tidak lengkap karena beberapa pemain inti tidak diizinkan oleh klubnya untuk bermain.

Di sisi lain, Thailand tampil dengan pemain terbaik dan memiliki rekor sempurna di fase grup, namun mereka tidak mampu menghadapi performa tangguh dari Timnas Indonesia.

Dengan kemenangan ini, Timnas Indonesia berhasil melangkah ke final Piala AFF U-23 2023. Di final, Garuda Muda akan menghadapi Vietnam, yang sebelumnya mengalahkan Malaysia dengan skor 4-1 dalam pertandingan semifinal lainnya melansir RIAU ONLINE yang mengutip dari suara.com. ( ktc/src/roc)

Berita Lainnya

Index